Freelance VS Karyawan Mana Yang Lebih Baik?

Aku tebak alasan utama temen-temen sekalian mencari pertanyaan ini adalah karena kalian tentunya mulai merasa bosan, jenuh, atau bahkan stress dengan tugas dari pekerjaan yang begitu padat dan memakan waktu berjam-jam. Atau pekerjaan yang membuat kepala panas tetapi menurut dibayar dengan gaji yang sangat sedikit. Atau mungkin karena temen-temen mengenal seseorang yang merupakan seorang freelancer. Tentunya hal ini membuat kalian bertanya-tanya apakah ada pekerjaan yang bayarannya bagus dan juga memberi kenyamanan saat bekerja.

Baik, inilah beberapa pendapat ku tentang Freelance VS Karyawan dan tentunya setelah temen-temen membacanya, kalian dapat memutuskan sendiri mana yang lebih di sukai. Aku bukan orang yang menghakimi kalian, karena pada akhirnya setiap orang berbeda dan setiap orang memiliki pendapat yang berbeda.


Dalam dunia Freelance tentunya kita harus mencari pekerjaan/proyek, setiap saat setelah menyelesaikan satu proyek atau satu klien, Kita harus mencari lebih banyak pekerjaan. Sama sekali tidak ada jaminan dalam dunia freelance. Kita tidak pernah tahu apakah bisa mendapatkan proyek bagus lainnya setelah pekerjaan selesai. Kita bahkan tidak tahu berapa lama untuk menemukan proyek pertama. Biar aku buka sedikit, Freelance adalah karir yang sangat sulit untuk dimulai, tetapi begitu temen-temen memulainya, kalian akan terus maju. Dalam freelance, temen-temen memiliki pilihan untuk menerima atau melepaskan proyek yang ada. 

Temen-temen tidak perlu melakukannya jika kalian tidak menyukainya. Begitu juga, kita memiliki pilihan dengan siapa kita ingin bekerja. Freelance juga tidak melibatkan komitmen pada perusahaan atau pemberi kerja selama bertahun-tahun. Temen-temen dapat berpisah sesegera mungkin setelah proyek selesai. Jadi, meskipun kalian tidak menyukai klien setelah mengambil proyek, kalian hanya perlu menanggungnya selama yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek. Asiknya Juga, kita dibayar per jam, dan harus menentukan berapa besaran tarif temen-temen per jamnya. Atau kita juga dapat memutuskan berapa banyak biaya yang akan dibebankan untuk satu proyeknya. Ketika menjadi seorang freelancer, waktu kerja tentunya sangat fleksibel, Kita dapat memilih waktu yang diinginkan untuk bekerja. Sebagian besar pekerjaan freelance juga bersifat jarak jauh. Jadi ya, semua ini dilakukan dalam kenyamanan tempat duduk temen-temen.
 

Lanjut kebagian temen-temen adalah seorang karyawan, Sangat Jarang Perusahaan yang akan membayar kita dengan hitungan per jam, Kita juga tidak bisa memilih bos atau rekan kerja, Wajib pergi ke kantor dan harus mengambil apa pun yang mereka bayar kepada kita. Tetapi ada hal-hal yang hanya kita dapatkan ketika bekerja di lingkungan perusahaan. Seperti asuransi kesehatan, gaji bulanan yang terjamin, peluang untuk bertemu para profesional, dan bekerja bersama mereka. Nah ini hal yang paling buat aku males, Kita hanya boleh selesai setelah jam pulang kerja.

Tentunya dari 2 pendapat aku diatas tidak ada yang sepenuhnya sempurna. Juga berapa banyak yang dapat diperoleh pada masing-masing pilihan pekerjaan ini. Sepenuhnya tergantung pada tolak ukur kalian. Jika temen-temen menggangap diri adalah seseorang yang suka mengambil risiko dan merasa bahwa kemampuan diri tidak dibayar cukup di tempat kerja. Maka temen-temen baiknya berfikir untuk mulai menjadi seorang freelance.

Akan tetapi Jika temen-temen adalah seseorang yang lebih memilih gaji bulanan yang lebih stabil dan memiliki gaji yang cukup baik akan lebih baik jika kalian tetap berpegang pada hal itu.

Dan apabila temen-temen ingin mencoba menjadi superman, yaitu sebagai freelance dan karyawan di waktu yang sama, aku saranin untuk coba mengambil proyek kecil yang tentunya tidak terlalu menguras tenaga, fikiran dan waktu kalian.

Terima kasih atas waktu dan perhatian temen-temen yang berharga jika kalian menyukai tulisan ini, harap berikan like serta share ke sosial media kalian sehingga lebih banyak orang seperti temen-temen untuk dapat melihatnya Dan terlebih jika temen-temen adalah seorang freelancer pemula. apabila kalian tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang dunia freelance sebagai opsi karir, silahkan kontak saya untuk sharing seputar hal yang ada di fikiran kalian.

Baca juga

Posting Komentar