Berkenalan Dengan Null Safety Pada Bahasa Pemprograman Kotlin

Kali ini aku mau mau ngajak temen-temen sekalian untuk Berkenalan Dengan Null Safety Pada Bahasa Pemprograman Kotlin. Baik sebelumnya aku mau jelasin dulu, kalau Null Safe ini merupakan salah satu fitur yang disediakan pada bahasa pemprograman Kotlin dimana fitur ini bertujuan untuk mencegah kemungkinannya terjadi null alias kosong alias tidak adanya nilai/value.

Mungkin temen-temen yang sebelumnya sudah pernah belajar/menggunakan bahasa pemprograman Java, tentunya sudah tidak asing lagi atau bahkan sangat sering bertemu dengan error satu ini, yakni Null Pointer Exception. Akan tetapi di kotlin sendiri ada fitur Null Safety. Tentunya hal ini sangat membantu bukan?

Oke, biar lebih gampangnya kita coba praktekin aja ya

    var a: String = "erwinpaisal"
    a = null

Kode di atas tentunya akan menghasilkan error, hal ini tentunya dikarenakan variabel dari tipe data String tidak mampu menghandle referensi daripada null. Hal ini bertujuan agar programmer bisa menghandep NullPointerException.

Untuk mengatasi hal tersebut kita cukup menambahkan simbol "?" pada tipe data String. Hal ini dimaksudkan agar dapat menghandle referensi null.

    var a: String? = "erwinpaisal"
    a = null

Masi kurang? Oke santuy, aku kasih contoh yang lain yak

    val i = if (a != null)
    a.length else 0
    println("Tampil $i")

Bisa temen-temen lihat dari contoh diatas, untuk mengecek kondisi daripada null. Jika, variabel a != (tidak sama dengan) null, maka tampilkan panjang nilai (a.length), jika tidak maka tampil nilai 0.

    if (a != null && a.length > 0) {
   
    println ("Panjang String ${a.length}")
} else {
    println ("String Kosong")
}

Atau temen-temen bisa juga gunain kondisi di atas, Jika variabel a != (tidak sama dengan) null, && (dan) panjang nama lebih dari 0. Maka tampil Panjang String (Panjang Variabel Nama) jika tidak tampil String Kosong.

Baik, mungkin cukup segini dulu untuk artikel kali ini, apabila temen temen ngerasa ada penjelasan aku yang sulit dipahami atau masih kurang mengerti boleh komentar di bawah. lebih dan kurang aku minta maaf. See you in the next of my article..

Baca juga

Posting Komentar