Alasan Programmer Sering Begadang

Merunjuk kepada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Begadang merupakan kebiasaan terjaga (tidak tidur) sampai larut malam dan tidur saat pagi menjelang. Hal ini merupakan salah satu ciri khas yang sangat melekat pada diri Programmer. Tentunya hal ini merupakan sebuah anggapan yang sudah melekat luas di masyarakat kita.

Dahulu, atau bahkan sampai sekarang aku terkadang masih sering melakukan kegiatan Begadang ini. Entah itu untuk mengejar project freelance, mengerjakan skripsi (sendiri atau orang lain), dan belajar di malam hari. Kadang aku pun bertanya-tanya dalam hati, kenapa aku sampai saat ini masih sulit meninggalkan kebiasaan ini. Padahal, jelas nyatanya bahwasanya kebiasaan ini sangat tentu tidak baik untuk kesehatan.

Setelah merenung beberapa saat, aku pun menyimpulkan beberapa hal terkait Alasan Programmer Sering Begadang yaitu sebagai berikut :

  • Kejar Deadline
Ini adalah salah satu alasan kuat yang sering dijadikan acuan. Padahal si menurut aku pribadi ini hanya alibi. Dikarenakan selalu menunda-nunda dalam mengerjakan project yang ada hihi. Selain itu juga kadang kita kerap kali menjumpai tipikal pelanggan yang nyebelin. Maunya dibuatkan aplikasi yang diminta dengan cepat bahkan gak jarang mereka juga meminta dengan kebutuhan (spesifikasi) yang rumit. Apalagi kadang dengan gampangnya mereka bilang "Simple aja kok mas, Cuma gitu doang kok". Apalah daya, dikarenakan kondisi keuangan yang menipis seperti daun ya diterima aja ๐Ÿ˜ญ walaupun terkadang batin tersiksa dengan bayaran yang seadanya.
  • Koneksi Jaringan Yang Tidak Memadai 
Hal ini merupakan alasan kedua yang aku simpulkan, ya benar saja. Di daerah aku khususnya koneksi jaringan yang ada sangat-sangat tidak mendukung. Entah itu dikarenakan area yang tidak bisa di jangkau oleh jaringan fiber optic (i*d*h*m*, dsb) atau Jaringan seluler yang lemot, atau yang paling menyedihkan yaitu karena kondisi keuangan yang lagi tipis-tipis nya alias bokek alias kanker (kantong kering) jadi dibela-belain beli kuota malam yang harganya lebih bersahabat dengan keadaan sekarang. Dan kondisi ini masih terjadi sampai sekarang saat aku mengutarakan isi hatiku melalui tulisan ini.
  • Memanagement Waktu Di Sela Aktifitas
Di sela aktifitas yang menumpuk (baik kerja maupun kuliah) dan kondisi keuangan yang ala kadarnya.  Aku membuat promosi atas jasa yang aku tawarkan di beberapa marketplace. Baik itu pembuatan aplikasi maupun desain. Tentunya dengan kemajuan teknologi sekarang, ini sangat membantu kita dalam mencari uang tambahan. Akan tetapi, tentu saja hal ini memiliki konsekuensi. Diantaranya ialah kita perlu memanagement waktu agar kegiatan kita yang utama tetap berjalan dan pekerjaan freelance yang kita terima juga selesai dengan waktu yang tentunya sudah kita sepakati.
  • Menjauhi Gangguan (Menyendiri)
So pastilah kalo kita begadang sampai larut malam sepi, ga ada suara, jauh dari gangguan. Ya pasti karna orang-orang umumnya sudah tidur๐Ÿ˜‚.  Programmer itu sama dengan manusia lain pada umumnya. Kalau kita lagi ngoding, tapi di ajakin bicara (ngobrol) mulu, gimana bisa fokus? apalagi kalau pas lagi ada kawan-kawan setongkrongan. Ini lebih susah, diajakin mabar mulu :v belum lagi kadang ada yang kepo liatin layar kita mulu. Kan malu aku jadinya wkwk

Mungkin itu aja kali yak? sepertinya itu aja dulu deh, cuma itu beberapa Alasan Programmer Sering Begadang yang terfikirkan oleh kepala ku untuk sekarang ini haha. Ntar kalau ada lagi aku tambahin deh, dengan catatan "Kalau Ingat" ๐Ÿ˜‚

Atau kalau kawan-kawan mau nambahin alasan lain boleh tambah di kolom komentar yak biar jadi seribu alasan :v. Baik itu aja untuk artikel kali ini. see you

Baca juga

2 komentar

Posting Komentar